Latar Belakang

Perkembangan Sejarah dan kebudayaan dapat diketahui dari sumber tertulis yang tertuang dalam hikayat, syair, legenda, mitos, penuturan cerita rakyat atau manuskrip sejarah. Dari sumber sumber tulisan tersebut dapat dikaji dianalisa dan ditelusuri sistem adat, sistem nilai serta proses sejarah dari suatu masyarakat pada suatu ketika dulu.

Kita tidak bisa menafikan bahwa sejarah dan sistem nilai budaya pada masa leluhur kita di negeri ini sangat berpengaruh dengan apa yang kita capai pada saat ini, emporium kerajaan kerajaan Melayu dahulu mulai kerajaan Sriwijaya, kerjaan Melayu Tua di Jambi, Kerajaan Melayu Pagaruyung, Kesultanan Aceh yang dan Kegemilangan Zaman Sultan Malaka sampai Kesultanan Johor dan Kesultanan Riau Lingga, sejarah dan peradaban kerjaan yang telah banyak memberikan konstribusi terhadap perkembangan kebudayaan dan perdagangan serta peradaban manusia hingga berkembang kezaman ini.

Pada era reformasi daerah dituntut untuk mengembangkan potensi dan jati diri masyarakat serta wilayah khususnya yang bersumber dari nilai nilai sejarah dan budaya masa ratusan tahun yang lalu atau ribuan tahun baik yang telah tergali atau terungkap dan yang belum tergali dan terungkap sumber sumbernya. Sudah saatnya sejarah kebudayaan sejarah Melayu harus kita gali dan kembangkan serta dilestarikan agar hidup dan menjadi ciri ditengah masyarakat untuk di jadikan basis kehidupan bermasyarakat yang sejahtera dan damai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: